Ada Lovelace : Programmer Pertama Di Dunia

By Rizky Kurniawan - November 29, 2021 ~2 mins read

Halo, selamat datang di Ruang Developer Blog. Sebagai seorang developer/programmer, pernahkah kamu bertanya-tanya siapa sebenarnya programmer pertama di dunia. Dalam bidang pengetahuan teknologi, perempuan sering dianggap sebagai kaum yang tertinggal. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya programmer pertama di dunia adalah seorang perempuan? Ya, Perempuan itu adalah Ada Lovelace.

Ia merupakan seorang penulis dan matematikawan inggris yang sangat terkenal. Salah satu penemuan hebatnya adalah komputer mekanika pertama termasuk penggunaan algoritma pertama yang dimaksudkan untuk diproses oleh mesin. Atas penemuannya ini, Ada Lovelace sering dianggap sebagai programmer pertama di dunia.

Ada Lovelace

Nama Ada Lovelace lahir dengan nama Augusta Ada Bryon pada 10 Desember 1815, merupakan putri dari George Gordon Byron dan Annabella. Byron merupakan seorang penyanyi terkenal pada masa itu.

Karier Ada Lovelace berawal dari pertemuannya dengan Charles Babbage. Babbage sendiri ialah seorang matematikawan dari inggris yang pertama kali mengemukaan ide tentang komputer yang dapat di program. Saat itu Babbage tengah menjalankan program yang diberi nama Difference Engine. Ada terarik dengan program tersebut sehingga akhirnya ia membantu Babbage untuk menulis program komputer pertama yang bernama Analytical Engine. Ada menulis penjelasan awal komputer dan perangkat lunak. Ia juga menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage.

Sayangnya, Ada harus gagal untuk melanjutkan pengembangannya tentang dunia komputer karena ia meninggal dunia pada 27 November 1852 di usia 36 tahun dikarenakan kanker rahim dan pendarahan yang dideritanya.

Untuk mengenang dan menghormati Ada, pada tahun 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamai bahasa pemrogramman komputernya dengan nama Ada. Pada 2008, British Computer Society menggelar kompetisi ilmu komputer untuk siswa perempuan secara rutin setiap tahunnya dengan medali bernama “Ada“. Selain itu, tiap pertengahan oktober akan digelar sebuah acara untuk mengingkatkan kemampuan perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika. Acara tersebut diberi nama “Ada Lovelace Day“.

Ada Lovelace adalah perempuan yang memiliki peran penting dalam dunia perkembangan komputer. Ia telah menjadi bukti bahwa gender tidak harus dijadikan batasan. Oleh karena itu, jika ingin menjadi seorang developer yang handal teruslah berusaha sampai kamu bisa, baik itu kamu adalah seorang laki-laki atau perempuan.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ada_Lovelace

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox