Halo Talenta Digital, Selamat datang kembali di blog Ruang Developer. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap semangat buat belajar ya. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba salah satu database client yang sangat simpel dan ringan yaitu Adminer.

Apa itu Adminer?

Biasanya, ketika belajar pemrograman web, kebanyakan dari kita menggunakan development tools yang di bundle sepaket mulai dari bahasa PHP, web server (apache atau nginx), database server (mysql), dan database client (phpMyAdmin). Oleh karena itu, kebanyakan dari kita akan terbiasa menggunakan phpMyAdmin untuk mengelola database. Bahkan ada beberapa teman kuliah saya yang saking semangatnya menggunakan phpMyAdmin sampai tidak paham query query dasar sql hehehe.

Adminer adalah salah satu database client yang dibuat menggunakan bahasa PHP. Berdasarkan informasi yang tertera di website resminya adminer.org, adminer yang sebelumnya disebut dengan phpMinAdmin ini adalah database client yang hanya berupa satu buah file php. Oleh karena itu, adminer ini sangat ringan dan mudah sekali untuk digunakan.

Menginstall dan Menggunakan Adminer

Untuk menginstall adminer pertama kita download dahulu file adminer di sini. Setelah selesai mendownload, letakkan file adminer di dalam folder root server kamu (biasanya htdocs atau www).

Setelah itu, aktifkan local server di komputer kamu dan akses adminer di browser.

Adminer

Saat mengakses adminer kamu akan diminta untuk memasukan kredensial server database kamu. Cobalah untuk meaktifkan database server di komputer lokal kamu atau bisa juga untuk mengakses database di server kamu jika memiliki server yang online.

Ini contoh halaman ketika kamu sudah login:

Adminer

Ini contoh menampilkan data yang ada dalam tabel:

Adminer

Ini contoh halaman untuk insert data ke dalam tabel:

Adminer

Yups…

Adminer ini terlihat sangat sederhana sekali ya dari segi tampilannya. Namun, karena kesederhanaan inilah yang membuat adminer sangat ringan dan simpel serta mudah untuk digunakan. Selain itu, saya juga belum pernah mengalami masalah selama menggunakan adminer saat mengelola database.

comments powered by Disqus
Lightbox