Daftar Bahasa Pemrograman Yang Akan Mendominasi Di Tahun 2022

By Rizky Kurniawan - December 8, 2021 ~4 mins read

Halo, selamat datang di Ruang Developer Blog. Bahasa pemrograman merupakan bahasa komputer yang digunakan oleh programmer/developer untuk berinteraksi dengan komputer dalam bentuk perintah-perintah untuk menjalankan tugas yang spesifik. Berikut ini adalah beberapa daftar yang mendominasi di tahun 2022.

Python

Bahasa pemrograman python dibuat oleh Guido Van Rossum pada akhir 1980-an di Belanda. Dibuat sebagai kompetitor Java dalam industri. Python secara perlahan semakin populer. Saat ini Python memiliki komunitas yang sangat besar baik di kalangan peneliti maupun pengembang aplikasi. Python menduduki peringkat teratas untuk spektrum IEEE, memiliki skor 100 sempurna. Python dapat digunakan untuk membuat hampir segala jenis aplikasi dan program. Ada Django dan Flask yang bisa kamu gunakan untuk membuat aplikasi web, Jupyter yang dapat digunakan untuk keperluan analisis dan penelitian, Selenium yang dapat digunakan sebagai alat otomatisasi.

Java

Bahasa pemrorgamman java dibuat pada tahun 1991 oleh James Gosling, Mike Sheridan, dan Patrick Naughton. Java adalah bahasa pemrograman pertama yang memiliki dampak global yang besar. Java memiliki prinsip ‘Write once, Run Anywhere’ yang artinya ‘tulis sekali, jalankan di mana saja’, menyiratkan bahwa sistem dengan berbagai konfigurasi perangkat keras dan sistem operasi dapat menjalankan program Java dengan mudah.

Bahasa pemrograman Java memiliki berbagai macam library (pustaka) dan framework (rangka kerja) yang dapat dimanfaatkan. Java digunakan dalam pengembangan aplikasi android native (Android SDK sendiri didukung oleh Java Development Kit atau biasa disingkat JDK). Java juga dapat digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web menggunakan framwork Spring Boot.

JavaScript

Bahasa pemrorgaman JavaScript banyak memimpin industri pada saat ini. Javascript awalnya dibuat sebagai bahasa scripting untuk Netscape Navigator (Salah satu browser terbaik pada masanya) pada tahun 1994, JavaScript melakukan peningkatan yang sangat cepat. Pada tahun 2008, JavaScript modern dirancang oleh Google saat mereka membangun mesin V8 (V8 Engine) untuk Google Chrome.

JavaScript memiliki berbagai macam pustaka dan kerangka kerja yang dapat digunakan selama pengembangan. Ada Angular, Vue, dan React untuk pengembangan frontend, sedangkan Node.js adalah bahasa yang sangat fleksibel untuk bekerja di backend. Jika kamu sebagai developer tidak terlalu menyukai menggunakan library, kamu bisa menggunakan bisa membuat web hanya menggunakan Vanilla HTML, CSS, dan JavaScript. Karena dukungan yang sangat besar dari berbagai developer di seluruh dunia, JavaScript memiliki jumlah package yang terbesar daripada bahasa pemrograman lainnya.

C++

Bahasa pemrogramman C++ pertama kali dibuat oleh Bjarne Stroustrup sebagai ekstensi untuk bahasa pemrograman C pada tahun 1982. C++ digunakan dalam analisis, penelitian, serta pengembangan game. Game Development Engine yang popular, Unreal Engine menggunakan C++ sebagai bahasa skrip untuk membuat semua fungsi.

Sebagian besar pembelajaran awal tentang algoritma dan struktur data pada kampus menggunakan bahas C++. Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan informatika kemungkinan besar akan menemui bahasa ini adalam mata kuliah kamu.

TypeScript

TypeScript adalah superset dari JavaScript dan memiliki aplikasi yang hampir sama dengan JavaScript. Ia bisa digunakan untuk membangun aplikasi web, mobile, dan dekstop. TypeScript merupakan bahasa paling populer kedua seperti yang disebutkan oleh daftar bahasa paling disukai StackOverflow, dicintai oleh 67,1% pengembang (menjadi yang kedua setelah Rust).

Golang

Bahasa pemrograman Golang (nama aslinya adalah Go) dibagun oleh Google pada tahun 2009 untuk memajukan konsep pemrograman fungsional. Golang memiliki banyak pengguna dalam waktu singkat. Golang dibuat menggunakan bahasa pemrograman C. Kepopuleran bahasa Golang semakin meningkat saat digunakan untuk membuat Docker pada tahun 2011.

Golang digunakan di banyak area, baik untuk mengembangkan perangkat lunak yang kuat maupun backend yang digunakan untuk aplikasi web dan seluler. Saat ini, Golang bahkan mendukung beberapa pengembangan web yang belum sempurna. Meskipun masih belum dalam fase untuk menggantikan JavaScript sebagai bahasa web, JavaScript dengan cepat menjadi bahasa yang mendukung fase web berikutnya.

Dart

Dart adalah salah satu bahasa dengan pertumbuhan tercepat di bidang industri. Kontribusi Google di bidang bahasa telah meningkat secara signifikan untuk bersaing dengan peningkatan popularitas Microsoft TypeScript. Dart telah sangat dipuja oleh programmer di seluruh dunia karena kesederhanaannya.

Dart digunakan dalam pengembangan aplikasi multi-platform. Seperti JavaScript, Dart digunakan untuk membangun perangkat lunak yang dapat dijalankan oleh siapa saja dan semua orang dengan perangkat elektronik. Penggunaan Dart yang paling terkenal saat ini adalah dalam kerangka Flutter, bahasa yang digunakan untuk pengembangan aplikasi seluler.

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox