#19: Break & Continue - Belajar Golang Dari Dasar

By Rizky Kurniawan - July 7, 2022 ~2 mins read
Artikel ini merupakan bagian dari seri Belajar Golang Dari Dasar

Break & Continue

Break dan continue adalah keyword yang bisa kita gunakan dalam sebuah perulangan. Break digunakan untuk menghentikan seluruh perulangan dan perulangan dianggap selesai, sedangkan continue digunakan untuk menghentikan perulangan saat ini dan langsung ke perulangan selanjutnya.

Contoh Break:

package main

import "fmt"

func main() {
	for i := 1; i <= 10; i++ {
		fmt.Println("Index:", i)
		if i == 3 {
			break
		}
	}
}

output:

Index: 1
Index: 2
Index: 3

Pada contoh kode diatas dapat kamu lihat bahwa hasil perulangan berhenti pada perulangan ke 3. Pertama kita menggunakan if statement untuk melakukan pengecekan terhadap nilai variabel i. Apabila variabel i bernilai 3 maka kita menghentikan perulangan menggunakan keyword break. Sehingga akhirnya perulangan hanya dilakukan sebanyak 3 kali.

Contoh Continue

Menggunaan continue hampir sama seperti menggunakan break. Kita cukup meletakkan keyword continue di tempat dimana kita ingin menghentikan dan melanjutkan perulangan. Bedanya, continue hanya akan menghentikan perulangan saat ini dan melanjutkan perulangan selanjutnya.

package main

import "fmt"

func main() {
	for i := 1; i <= 10; i++ {
		if i%2 == 0 {
			continue
		}
		fmt.Println("Index:", i)
	}
}

output:

Index: 1
Index: 3
Index: 5
Index: 7
Index: 9

Pada contoh kode di atas kita memanfaatkan continue untuk mencetak variabel i hanya jika nilainya habis dibagi 2 (mod 2). If statement kita letakkan di atas perintah Println agar perulangan dapat dihentikan sebelum perintah Println dieksekusi.

Untuk Apa Break dan Continue?

Ketika melakukan iterasi terhadap data map dan ingin mendapatkan sebuah data dengan key atau value tertentu, maka kita bisa menggunakan break untuk menghentikan perulangan saat data yang kita cari telah ditemukan.

Sedangkan contoh penggunaan continue adalah untuk mengabaikan nilai tertentu saat melakukan perulangan. Misalnya seperti contoh sebelumnya kita menggunakan continue untuk hanya mencetak nilai yang habis dibagi 2.

Berkutnya: #20: Function - Belajar Golang Dari Dasar

Tags: #golang
Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox