#3: Program Hello World - Belajar Golang Dari Dasar

By Rizky Kurniawan - June 19, 2022 ~3 mins read
Artikel ini merupakan bagian dari seri Belajar Golang Dari Dasar

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan program hello world, program pertama yang yang sering dibuat saat pertama kali belajar pemrograman. Sekarang kita akan mencoba membuat program hello world di Golang ya.

Meskipun Golang disebut sebagai bahasa pemrograman yang sederhana, membuat hello world di Golang sebenarnya tidak sesederhana di bahasa Python atau PHP.

Program Hello World di Golang

Untuk membuat program hello world di Golang, kita harus membuat sebuah file baru dengan ekstensi .go. Di dalamnya, tulis kode seperti ini.

package main

import "fmt"

func main() {
    fmt.Println("Hello World!")
}

package main memberitahu Go compiler bahwa program ini harus dicompile sebagai executable program, bukan sebagai library tambahan.

Kemudian kita mengimport package fmt dengan cara menuliskan import "fmt". Package fmt adalah package yang digunakan untuk memformat string, nilai, input, dan output. Package ini juga digunakan untuk memprint ke terminal.

Kita mendefinisikan fungsi bernama main dengan keyword func. Fungsi main dalam package main adalah entry point program kita. Fungsi inilah yang pertama akan dijalankan ketika kita mengeksekusi program.

Di dalam fungsi main kita menggunakn package fmt yang sudah kita import sebelumnya dan memanggil fungsi Println dengan text Hello World! sebagai argumen nya.

Mengeksekusi Program

Program hello world sudah selesai, lalu bagaimana cara menjalankannya ya?

Untuk menjalankan program golang, kita akan meng-compile program terlebih dahulu. Compile program dapat kita lakukan dengan cara mengeksekusi perintah berikut ini di terminal

go build helloworld.go

Disitu kita memberitahu Go compiler file mana yang akan dicompile. Setelah dijalankan maka program kita akan dicompile menjadi executable program. Go compiler akan otomatis membuat file executable sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan untuk mengcompile. Kalau kamu menggunakan linux makan akan dicompile menjadi binary linux, kalau menggunakan windows maka akan dicompile menjadi file dengan ekstensi .exe. Berikut ini hasil compile saya menggunakan windows:

Golang Hello World

Proses compile menghasilkan file baru bernama helloworld.exe. Ini adalah file executable untuk windows. Sayangnya kamu tidak bisa menjalankannya dengan cara klik dua kali file seperti membuka aplikasi karena hanya akan menampilkan teminal lalu menutup kembali dengan cepat.

Untuk menjalankan file hasil compiler, kita mengeksekusinya melalui terminal. Perhatikan contoh berikut:

Golang Hello World

Kamu bisa melihat bahwa program berhasil dijalankan dan menampilkan text Hello World! di terminal.

Cara Lainnya

Compile program memang mudah untuk dilakukan, namun mengcompile program berulang kali sebelum menjalankan program akan merepotkan kita khususnya saat proses development aplikasi. Terlebih lagi apabila program sudah sangat kompleks dan besar, tentunya proses compile akan memerlukan lebih banyak waktu.

Kita dapat menjalankan program tanpa harus meng-compilenya terlebih dahulu dengan menggunakan perintah go run seperti berikut:

go run helloworld.go

Golang Hello World

Nah cara di atas akan menghasilkan output yang sama. Namun perlu kamu ingat bahwa cara ini hanya digunakan ketika proses development saja ya, kalo program kamu sudah jadi dan siap ke production maka kamu tetap harus meng-compile source codenya.

Berikutnya: #4: Tipe Data Number - Belajar Golang Dari Dasar

Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox