Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!

Halo, selamat datang di Ruang Developer Blog. Kali ini kita akan sedikit mengenal Docker.

Mengenal Docker

Docker adalah sebuah platform yang dapat kamu gunakan untuk membuat, menguji, dan menerapkan aplikasi dengan sangat cepat. Aplikasi yang ada pada docker dikemas dalam sebuah wadah standar yang disebut sebagai Kontainer. Kontainer ini Menyediakan semua hal yang diperlukan agar aplikasi dapat berjalan. Docker memungkinkan kamu untuk menskalakan aplikasi pada environment apapun dan memastikan aplikasi berjalan dengan baik.

Kontainer

Teknologi kontainer dapat diartikan sebagai tiga kategori yang berbeda

  1. Builder: alat atau serangkaian alat yang digunakan untuk membangun sebuah wadah, seperti distrobuilder untuk LXC, atau Dockerfile untuk Docker.
  2. Engine: aplikasi yang digunakan untuk menjalankan container. Untuk Docker, ini mengacu pada docker command dan docker daemon.
  3. Orchestration: teknologi yang digunakan untuk mengelola banyak container, termasuk Kubernetes dan OKD.

Container sering kali mengirimkan aplikasi dan konfigurasi, artinya sysadmin tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menjalankan aplikasi dalam container dibandingkan dengan saat aplikasi diinstal dari sumber tradisional.

Cara kerja Docker

Docker berfungsi sebagai sebuah sistem operasi untuk kontainer. Cara kerjanya hampir sama dengan mesin virtual, kontainer memvirtualisasi sistem operasi server. Docker yang diinstall pada server akan menyediakan perintah sederhana yang dapat kamu gunakan untuk membuat, memulai, dan menghentikan kontainer.

Alasan mengapa menggunakan Docker

Dengan menggunakan docker, maka kamu akan dimudahkan dalam proses mengirimkan kode, standarisasi aplikasi, memindahkan aplikasi ke tempat lain, dan memangkas biaya dengan meningkatkan pemanfaatan sumber daya.

Docker sangat berguna untuk developer yang memerlukan lingkungan pengembangan yang bersih untuk pengujian tanpa orkestrasi yang rumit. Dockerhub adalah repository yang menyediakan segala bentuk image container yang kamu perlukan.

Kesimpulan

Demikianlah tulisan tentang mengenal docker secara singkat. Docker dan kontainer merupakan sebuah teknologi yang populer dan banyak digunakan dalam industri teknologi saat ini. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk menjadi seorang developer yang dapat bertahan mengikuti perkembangan, maka tidak ada salahnya mulai saat ini untuk mempelajari docker.

Tags: #docker
Bagikan:

Ingin Berdiskusi?

Yuk bergabung di Grup Telegram Ruang Developer atau mulai diskusi melalui GitHub. See You!

Dapatkan contoh source code project backend, frontend, atau fullstack untuk kamu amati, tiru, dan modifikasi sesuka hati. Klik untuk melihat detail!
comments powered by Disqus

Berlangganan Gratis

Kamu akan menerima email update dari Ruang Developer

Beri Dukungan

Beri dukungan, dapatkan full source code project web untuk bahan referensi, tiru, dan modifikasi.
Lightbox