Halo, selamat datang di ruangdeveloper.com. Pernahkah kamu mendengar istilah cloud computing? sebuah teknologi yang saat ini menjadi salah satu teknologi yang lagi hits dalam dunia industri bidang teknologi dan pengembangan aplikasi.

Apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing atau komputasi awan merupakan sebuah teknologi yang penggunaanya sangat meningkat belakangan ini. Teknologi cloud computing sendiri merupakan sebuah teknologi komputasi (teknologi komputer) yang dipadukan dengan kehandalan internet. Kata cloud (awan) merupakan metafora dari internet seperti yang sering digunakan untuk menggambarkan sebuah diagram jaringan komputer.

Bagaimana Konsepnya?

Konsep dasar pada teknologi komputasi awan adalah dimana lokasi layanan, perangkat keras, dan sistem operasi yang menjalankannya sebagian besar tidak lagi berhubungan dengan pengguna. Segala kerumitan yang terjadi hanya akan dikelola oleh penyedia layanan, hal berkaitan dengan kata cloud (awan) dalam layanan ini yaitu konsep menyembunyikan kerumitan sistem di balik awan dan membiarkan pengguna menggunakan hanya layanan yang mereka butuhkan.

Penyedia layanan komputasi awan akan menyediakan server atau data center (pusat data) yang nantinya dapat kita sewa dengan biaya tertentu. Sebagai pengguna, kita tidak perlu repot-repot untuk mengelola server secara fisik, melakukan maintenance hardware seperti mengganti perangkat yang rusak, membeli perangkat baru untuk upgrade, dan tidak perlu takut akan kemungkinan kecelakaan seperti ruang server yang kebakaran, pencurian, dan lain-lain. Hal ini dapat mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan serta biaya awal untuk membangun sebuah server sendiri.

Layanan Yang Disediakan

Saat ini sudah banyak sekali layanan yang disediakan dalam teknologi komputasi awan, mulai dari penyimpanan file, basis data, jaringan, pemrosesan data, kecerdasan buatan, dan lain-lain. Hampir semua layanan yang kamu perlukan telah tersedia dalam teknologi komputasi awan tanpa harus menyediakan sendiri perangkat komputer, semuanya akan diproses melalui cloud (internet).

Sejarah Komputasi Awan

Istilah komputasi awan sudah ada sejak tahun 2000-an, tetapi konsep layanan komputasi sudah ada jauh lebih lama sejak tahun 1960-an, dimana Computer Bureau (biro komputer) mengijinkan perusahaan untuk menyewa waktu pakai komputer daripada harus membelinya.

Layanan berbagi waktu pakai komputer inilah yang diterapkan pada perkembangan komputer yang membuat kepemilikan komputer jauh lebih terjangkau. Konsep ini diikuti dalam layanan komputasi awan yang dapat bertahan hingga sekarang dengan munculnya layanan perangkat lunak, dan penyedia layanan komputasi awan hyper seperti Amazon Web Services.

Jenis Layanan Komputasi Awan

1. Infrastructure as a service (IaaS)

Layanan ini memungkinkan kita untuk menyewa infrastruktur yang ada pada data center penyedia layanan komputasi awan. Infrastruktur yang dimaksud adalah seperti server fisik atau server virtual, penyimpanan, dan jaringan. Hal ini akan memungkinkan kita membangun aplikasi kita sendiri dari nol dan memiliki kontrol penuh terhadap aplikasi yang kita miliki. Tetapi, jenis layanan ini membutuhkan keahlian khusus yang akan digunakan untuk mengelola server dari jarak jauh, seperti melakukan update OS, menjaga dari serangan virus, hacker, dan lain-lain dari sisi server yang kita sewa. Contoh Infrastructure as a service adalah seperti Google Compute Engine, dan AWS EC2 Instance.

2. Platform as a service (PaaS)

Layanan yang satu ini memungkinkan kita untuk langsung meluncurkan aplikasi yang kita miliki di atas infrastruktur yang mereka kelola, jadi kita tidak perlu untuk mengelola infrastruktur seperti update OS, mengelola jaringan, dan lain-lain. Layanan yang diberikan seperti manajemen database, sistem operasi, dan berbagai tools pengembangan aplikasi. Contoh Platform as a service adalah seperti Heroku dan Google App Engine.

3. Software as a service (SaaS)

Layanan ini adalah layanan yang menyediakan aplikasi berbasis cloud yang bisa kita sewa untuk kita gunakan sesuai kebutuhan. SaaS merupakan jenis layanan yang paling mudah digunakan karena kita hanya tinggal menggunakan aplikasi yang sudah jadi. Bahkan mungkin tanpa kamu sadari kamu sudah sering menggunakan layanan ini. Contoh Software as a service adalah seperti Gmail, Dropbox, Microsoft 365.

Manfaat Cloud Computing

Manfaat yang didapatkan dari layanan komputasi awan sangat banyak sekali dan bervariasai sesuai dengan jenis layanan yang digunakan. Namun, yang pastinya menggunakan layanan komputasi awan berarti kamu tidak perlu membeli dan membangun infrastruktur untuk kebutuhan kamu. Cukup menyewa sesuai yang kamu perlukan dan menghemat pengeluaran untuk kebutuhan yang lain.

Sebagai perusahaan, menggunakan layanan komputasi awan tentunya akan lebih menguntungkan karena dapat melakukan pengembangan lebih cepat dan biaya yang fleksibel. Pada layanan komputasi awan, harga yang dibayarkan adalah sesuai dengan resource (sumber daya) yang digunakan.

Kesimpulan

Layanan komputasi awan saat ini sudah banyak digunakan sebagai solusi kebutuhan teknologi baik perusahaan maupun individu. Perkembangan akan semakin cepat. Maka dari itu, sebagai seorang yang ingin terjun ke dalam dunia teknologi dan pengembangan aplikasi, jangan sampai kamu tertinggal. Mulailah dari sekarang, jangan tunda lagi.

Untuk kamu yang ingin belajar pemrogramman dan menjadi developer yang handal, jangan lupa baca juga postingan ruangdeveloper.com tentang 5 Website Belajar Pemrogramman Berbahasa Indonesia.

comments powered by Disqus
Lightbox